Bawaslu Sultra Gelar Seminar Penanganan Pelanggaran di Kota Baubau, HMI Siap Dukung Pemilu Berintegritas

Image credit: Ketua Umum HMI Baubau Mardin Kadir saat mengikuti Seminar Bawaslu Sultra. (Ist)

PESANKU.CO.ID, BAUBAU -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengelar seminar Penanganan Pelanggaran Pemilu di Kota Baubau, bertempat di Nirwana Buton Villa, Rabu (22/6/2022).

Seminar yang bertemakan "Keadilan Pemilu dan Problematika Penanganan Pelanggaran Pemilu" dihadiri langsung Anggota Bawaslu RI Puadi. Selain itu, dihadiri Wali Kota Baubau, sejumlah Rektor, Ketua Parpol, Ketua OKP dan Alumni SKPP Tingkat Menengah Kota Baubau.

Formatur/Ketua Umum HMI Cabang Baubau, Mardin Kadir mengatakan, seminar yang di gagas Oleh Bawaslu Sultra adalah upaya untuk mengajak seluruh elemen masyarakat terkhusus pemuda yang tergabung dalam Organisasi Kepemudaan (OKP) untuk berpartisipasi aktif menjadi pengawas partisipatif dalam perhelatan Pemilu serentak 2024 mendatang.

"Seperti apa yang disampaikan dalam seminar ini bahwa penanganan pelanggaran Pemilu adalah tugas bersama mengawasinya. Sehingga kami dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Baubau siap mendukung dan menyambut dengan senang hati ajakan tersebut dan akan bersama-sama bersinergi bersama Bawaslu mengawal Pemilu 2024," kata Mardin Kadir

Lebih lanjutnya, Mardin memastikan HMI Cabang Baubau akan berpartisipasi aktif dalam mengawal tahapan Pemilu yang kini sudah  berlangsung.

"Pemilu serentak tahun 2024 mendatang bukan hanya sekedar memilih pemimpin tetapi juga merupakan upaya menentukan nasip rakyat Indonesia 5 tahun kedepan," jelasnya. 

Alumni Sekolah Kader Pengawas Partisipasif (SKPP) Menengah Bawaslu Sultra pada tahun 2021 menambahkan, partisipasi masyarakat terkhusus pemuda sangat penting untuk memastikan serta mewujudkan penyelenggaraan Pemilu dapat berlangsung secara langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber) dan jujur dan adil (Jurdil) sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu, partisipasi aktif pemuda dalam mengawasi tahapan pemilu secara tidak langsung akan menjadikan pemuda menjadi Subjek Pemilu, bukan lagi hanya menjadi Objek Pemilu.

"Melalui momen seminar ini saya berharap kepada teman-teman OKP se-Kota Baubau agar kita dapat bersepakat untuk bersinergi bersama Bawaslu membumikan gerakan Pengawasan Partisipatif yang bertujuan menjadikan Pemilu dan Pemilihan serentak tahun 2024 mendatang menjadi Pemilu yang berintegritas," pungkasnya. (Ahmad Subarjo).

Tags:

Elite author
I think all aspiring and professional writers out there will agree when I say that ‘We are never fully satisfied with our work. We always feel that we can do better and that our best piece is yet to be written’.
View all posts